Apa Saja Tes Yang Harus Dilalui Untuk Menjadi Pramugari?

Apa Saja Tes Yang Harus Dilalui Untuk Menjadi Pramugari?

Bagi kalian yang mempunyai impian menjadi pramugari dan ingin mengikuti tesnya, kali ini kami akan memberikan gambaran mengenai tahapan tes yang harus dilalui untuk menjadi seorang pramugari.

Untuk menjadi seorang pramugari tentu saja tidak mudah. Banyaknya tahapan tes dan ketatnya sistem penyeleksian menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh para calon pramugari.

Untuk anda yang ingin menjadi calon pramugari ada baiknya anda mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sambil mencari info sebanyak-banyaknya mengenai tahapan-tahapan tes untuk menjadi pramugari di setiap maskapai.

Baca Juga : Inilah Keuntungan & Kelebihan Menjadi Pramugari Maskapai Penerbangan

Secara garis besar di setiap maskapai penerbangan biasanya mempunyai kesamaan dalam tesnya, hanya saja terkadang tahapan tesnya berbeda-beda.

Nah berikut ini akan kami jelaskan tes-tes yang harus dilalui untuk menjadi pramugari. Yuk kita simak baik-baik.

1. Pemberkasan

Untuk menjadi seorang pekerja, dalam hal ini pramugari tentulah harus melengkapi berbagai berkas sebagai syarat pendaftaran. Berkas-berkas yang harus dilengkapi bisa disesuaikan dengan syarat pendaftaran dari masing-masing maskapai penerbangan.

2. Tes Penampilan

Seperti yang kita ketahui pramugari dituntut untuk menpunyai penampilan yang cantik dan menarik. Tidak hanya itu saja penampilan yang menarik juga harus didukung dengan sikap dan tingkah laku yang baik pula.

Tes ini mencakup semua aspek penampilan diri (grooming) yang mencakup pengukuran berat dan tinggi badan (dalam hal ini harus disesuaikan berat badan yang ideal dengan tinggi badan).

Selain itu juga cara berpakaian, make up, rambut, gigi, kulit, wajah,  postur tubuh, dan cara berjalan. Anda juga harus menjukkan sikap dan tingkah laku yang baik (attitude) sebagai penunjang penampilan.

Biasanya sebelum anda diminta masuk ke ruangan untuk menhadapi tes ini, anda diberikan waktu untuk membenahi penampilan anda. Pastikan penampilan anda terlihat wangi, rapih, dan menarik.

3. Psikotes dan Bahasa Inggris

Secara umum tes ini memiliki bentuk yang sama dengan tes psikotes pada umumnya. Untuk mempersiapkan tes psikotes ini, anda bisa membeli buku-buku psikotes yang ada di toko buku.

Secara garis besar isi tes dari psikotes ini adalah: menggambar (misalnya menggambar peta Indonesia), tes kepribadian, dan tes kemampuan dan bakat. Sedangkan isi dari tes bahasa Inggris ini mencakup reading, writing, dan speaking.

4. Tes Wawancara

Nah tes wawancara sendiri terbagi menjadi dua, yakni tes wawancara user dan tes wawancara kompetensi. Anda harus memperisapkan tes ini dengan sebaik-baiknya.

Dalam hal ini anda akan di tes dengan seorang pramugari senior seputar dunia penerbangan, seorang pewawancara akan menanyakan beberapa pertanyaan.

Pertama-tama biasanya anda akan ditanyai alasan atau motivasi anda untuk menjadi seorang pramugari. Nah selanjutnya anda akan ditanyai mengenai dunia penerbangan.

Materi-materi yang dimaksud di dalam tes ini diantara adalah: pengetahuan seputar maskapai penerbangan yang bersangkutan, perlengkapan keamanan di dalam pesawat, zona waktu di Indonesia, dan juga bandara-bandara yang ada di Indonesia.

Persiapkan diri anda dengan sebaik mungkin, janganlah gugup untuk menghadapi tes ini, dan tunjukkan attitude yang baik dalam menjawab setiap pertanyaan.

5. Tes Kesehatan Pramugari atau Medical Examination (MEDEX)

Persiapkan diri dan kesehatan anda dari jauh-jauh hari untuk menghadapi tes ini.

Tes keehatan pramugari ini mencakup: EGC (jantung), darah, mata, urin, rontgen paru-paru, spirometri (pernapasan), gigi, audiometri (pendengaran), tulang, dan berbagai cek fisik.

6. Tes Aspek Keamanan (ASKAM)

Tes ini sebenarnya merupakan pengecekan terhadap background atau biodata diri anda sebagai calon pramugari.

Data-data yang akan diperiksa adalah ijazah, ktp, surat keterangan belum menikah, dan surat keterangan izin orang tua yang telah ditandatangi dengan materai. Nah di tes ini juga anda akan diberikan pertanyaan seputar NKRI atau KWN.

7. Tes Penentuan Akhir (Pantukhir)

Nah ini merupakan tes yang paling menegangkan diantara tes yang lain. Pasalnya anda akan dihadapkan dengan direksi penerbangan yang bersangkutan.

Anda bisa melakukan perawatan secukupnya sebelum menghadapi tes ini, intinya adalah anda harus mempersiapkan penampilan yang terbaik untuk menghadapi tes ini.

Baca Juga : Masa Depan Jika Menjadi STAFF Penerbangan Yang Bertugas di Bandara

Kemungkinan di dalam tes ini anda akan ditanyai berkaitan dengan riwayat kesehatan dan juga pengecekan fisik (cek bekas luka dibagian kulit wajah, leher, tangan, dan kaki atau bagian yang tidak tertutpi oleh baju).

Itulah gambaran-gambaran tes yang harus dilalui untuk menjadi seorang pramugari. Untuk runtutan tesnya sendiri akan berbeda-beda tergantung maskapai yang bersangkutan.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Apa Saja Tes Yang Harus Dilalui Untuk Menjadi Pramugari? Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
<span>%d</span> blogger menyukai ini: